Sabtu, 23 April 2022

Cara Mendapatkan Feedback

Cara Mendapatkan Feedback dari Pelanggan

1. Membuat angket secara online

Kita bisa menggunakan aplikasi pembuat angket seperti google form atau membuat pesan secara singkat yang berisi pertanyaan tentang pelayanan bisnis yang kita jalani.

Pelaku bisnis kecil hingga perusahaan besar kerap menggunakan cara ini untuk mendapatkan feedback dari pelanggan mereka.

Karena berupa angket, jadi kita tidak perlu repot-repot mencetak angket dalam jumlah yang banyak. Selain menghemat biaya operasional, kita juga turut mendukung gerakan Go Green.

2. Membuat kolom komentar di website bisnis

Yang kedua, pelaku bisnis bisa mencantumkan kolom komentar pada website perusahaan. Cara ini memudahkan pelanggan untuk meninggalkan komentar pada website.

Dengan adanya kolom komentar ini turut membantu meningkatkan reputasi bisnis, dan kepercayaan dari calon pelanggan. 

Jangan lupa untuk memfilter setiap komentar yang masuk di website untuk menghindari adanya komentar spam supaya website perusahaan bisa terlihat profesional.

3. Memberikan hadiah untuk pelanggan

Pelanggan akan dengan senang hati mengisi angket feedback jika diberikan hadiah. Kita bisa memberikan hadiah dengan berupa voucher, promo eksklusif, atau diskon khusus untuk pelanggan yang memberikan feedback. Strategi ini sangat efektif buat kalian yang ingin mendapatkan feedback dari pelanggan.

4. Membuat kampanye di sosial media

Buatlah sebuah kampanye di media sosial. Manfaatkan strategy storytelling yang menarik dan relate dengan pelanggan yang akan membuat pelanggan akan memberikan feedback secara sukarela pada kolom komentar.

Jangan lupa untuk memberikan hadiah seperti voucher atau diskon untuk komentar terbaik yang terpilih. Cantumkan juga komentar tersebut di highlight media sosial untuk memberikan reputasi yang baik. 

Selain meningkatkan engagement di media sosial, strategi ini bisa mendapatkan pelanggan-pelanggan baru yang tertarik dengan produk kita.

5. Melakukan wawancara

Guerilla testing adalah bentuk wawancara pengguna atau user interview dengan membawa desain atau prototipe produk ke publik dan mintalah opini dari setiap pelanggan yang kalian temui. Melakukan teknik guerilla testing sangat mudah dan simpel. Jika kalian memiliki dana yang lebih, teknik in depth interview dengan mengunjungi rumah bisa menjadi pilihan yang tepat untuk mendapatkan informasi dan data yang lebih lengkap.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bijak Bermedia Sosial

  Alasan Mengapa harus Bijak dalam menggunakan Media Sosial                   Perkembangan teknologi informasi membawa sebuah perubahan da...