Faktor yang memperngaruhi bisnis ritel
Dalam bisnis ritel ada beberapa factor yang dapat mendorong keberhasilan usaha ritel tersebut, yaitu sebagai berikut :
1. Lokasi usaha, hal utama yang sangat berpengaruh dalam kesuksesan bisnis ritel adalah yaitu faktor lokasi. Berikut ini beberapa tips untuk memilih lokasi usaha ritel yang baik :
a. Dapat terlihat dengan jelas, lokasi usaha ritel yang baik adalah harus terlihat oleh banyak orang yang lewat atau melintas di lokasi toko tersebut.
b. Area atau daerah yang padat, lokasi yang bagus adalah lokasi yang dilalui oleh banyak orang seperti di pinggir jalan raya, tempat wisata dsb, sehingga banyak dilihat orang.
c. Biaya akuisisi, pengusaha bisnis ritel hendaknya melakukan studi kelayakan dari sisi keuangan untuk memutuskan suatu lokasi usaha ritel tertentu apakah lokasi tersebut menguntungkan atau tidak.
d. Peraturan atau perizinan, di dalam mendirikan usaha ritel hendaknya mengurus izin dari pemerintah dan tempat yang akan ditempati supaya usahanya berjalan lancar.
e. Infrastruktur, pembangunan usaha ritel hendaknya didukung oleh infrastruktur yang memadai seperti tersedianya lahan parkir, toilet dan lampu penerangan.
f. Potensi pasar yang tersedia, umumnya para konsumen lebih memilih lokasi ritel yang dekat dengan kediamannya. Jadi dengan memutuskan membuka usaha ritel di lokasi yang dekat dengan pelanggan akan membuat usaha ritel laris dan banyak pembeli.
g. Legalitas, sebagai seorang wirausaha terutama di bidang ritel atau eceran pastinya bisa memastikan bahwa tempat yang dibangun atau disewa tidak sedang memiliki masalah hukum.
2. Menentukan atau menerapkan harga yang tepat, dalam faktor harga ini sangat penting sekali dipahami bagi seorang calon pengusaha dibidang ritel atau eceran. Hanya karena selisih harga sedikit saja seorang pelanggan bsa berpindah tempat membeli ke tempat lain yang harganya lebih murah.
Faktor penting lainnya yang sangat mendukung keberhasilan usaha ritel adalah pramuniaga, pegawai atau pelayan yang berkualitas serta ramah dengan pengunjung atau pembeli.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar