Minggu, 24 April 2022

Manfaat Feedback

Manfaat Mendapatkan Feedback dari Pelanggan

Kenapa ya bisnis membutuhkan feedback dari pelanggan? Seberapa efektif feedback tersebut? Bukannya yang terpenting barang terjual saja ya?

Jika sebuah bisnis harus mementingkan transaksi yang berjalan untuk mendapatkan profit, tetapi dengan sebuah feedback dari seorang pelanggan memiliki efek yang sangat besar bagi keberlangsungan bisnis juga. Apa aja sih manfaatnya?

1. Meningkatkan kualitas dan pelayanan perusahaan

Dengan sebuah feedback dari pelanggan bisa membantu bisnis kita dalam meningkatkan pelayanan dan kualitas produk. 

Setiap feedback yang masuk baik itu positif maupun negatif adalah umpan balik yang membangun perusahaan menjadi lebih baik lagi. Maka dari itu, dapatkan feedback sebanyak-banyaknya, pahami perilaku pelanggan, kebutuhan pelanggan, dan masukan yang membangun dari pelanggan. Setelah itu, temukan masalah yang ada dan carilah solusi untuk menyelesaikannya.

Perbaiki masalah tersebut dan kembangkan pelayanan dan kualitas produk kalian. Dengan demikian, pelanggan akan merasa diperhatikan yang akan membuat pelanggan menjadi loyal dengan produk kita.

2. Untuk mengukur kepuasan

Setiap bisnis pastinya ingin memiliki pelanggan tetap dan juga pelanggan baru supaya bisa mengembangkan bisnisnya. Untuk mendapatkan pelanggan tetap tidaklah mudah, maka dari itu, kita harus mencari tahu tingkat kepuasan pelanggan sebagai tolak ukur bagaimana pendapat pelanggan terhadap produk kita.

Maka dari itu, dengan menyebarkan angket dengan beberapa pertanyaan mengenai pengalaman berbelanja menjadi hal yang sangat penting.

3. Bijak membuat keputusan agar bisnis lebih baik

Perusahaan besar yang sering membakar uang biasanya akan melakukan riset pemasaran dan strategi terlebih dahulu. Salah satu riset yang mereka lakukan adalah dengan mengumpulkan feedback dari para pelanggan diolah oleh mereka untuk dijadikan strategi pemasaran yang baik di masa dkita

Maka dari itu, hargai setiap feedback yang didapatkan oleh pelanggan. Setiap pelanggan yang memberikan feedback kepada bisnis kalian sangat tahu kualitas pelayanan dan produk dari bisnis kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bijak Bermedia Sosial

  Alasan Mengapa harus Bijak dalam menggunakan Media Sosial                   Perkembangan teknologi informasi membawa sebuah perubahan da...