Selasa, 25 Januari 2022

Macam-macam Media Promosi

 5 Macam Media Promosi


Suatu bisnis yang sukses pastinya ada promosi yang maksimal dan bisnis yang sukses yaitu bisnis yang penjualannya mengalami peningkatan. Promosi sendiri bisa dilakukan dengan berbagai media yang bermacam-macam, apalagi di era digital sekarang promosipun menjadi mudah dengan adanya internet dengan hasil yang maksimal dan menjangkau pasar secara luas bahkan bisa sampai ke luar negeri.

Beberapa macam jenis media promosi yang bisa digunakan untuk menjual barang maupun jasa :

1. Internet
Dengan adanya koneksi internet saat ini seperti menjadi kebutuhan sehari-hari untuk sebagian masyarakat bahkan seluruh indonesia. Semua hal bisa dilakukan dengan adanya internet, salah satunya adalah transaksi jual beli. Oleh karena itu, kita harus memanfaatkan keadaan ini dengan sebaik-baiknya, yaitu menggunakan internet sebagai media promosi atau pemasaran secara online. Bisa melalui Website, Media Sosial, Email, E-Commerce atau Video Conference. Yang pastinya mudah dan bahkan kita tidak perlu mengeluarkan biaya, mestipun ada aplikasi yang berbayar pastinya tidak terlalu besar nominalnya.

2. Televisi
Metode iklan yang berupa gambar bergerak dengan suara juga lebih memikat hati penontonnya. Tapi sangat disayangkan membuat iklan di televisi membutuhkan banyak waktu, sehingga biaya yang dibutuhkan pun juga sangat besar, dan durasi iklan juga hanya sebentar, yaitu satu menit saja karena harus bergantian dengan iklan-iklan lainnya, sehingga ada kemungkinan terlewat dan informasi tidak bisa tersampaikan dengan lengkap.

3. Brosur
Brosur adalah media promosi cetak yang dikeluarkan dalam jumlah banyak dan secara tidak berkala dengan satu hingga beberapa halaman kecil dalam kualitas yang bagus. Sampai sekarang brosur masih banyak digemari oleh para pengusaha untuk mempromosikan bisnisnya. Biasanya, brosur banyak tersedia di bagian kasir toko sehingga akan menarik minat konsumen. Tapi terkadang, brosur juga dibagi-bagikan oleh pihak marketing kepada konsumen. Brosur yang bagus adalah yang mencakup cukup informasi terkait produk yang dipromosikan berikut dengan gambar aslinya. Pemberian warna dan desain brosur yang eye-catching akan semakin menambah daya tarik bagi konsumen.

4. Banner
Jika ingin tampilan yang lebih mencolok maka kalian bisa mencoba media promosi berupa banner yang dicetak dalam ukuran besar dan dipasang di tempat yang mudah dilihat. Pada umumnya banner memiliki ukuran 80 x 200 cm, sehingga bisa terlihat dari jarak jauh. Pemasangan banner secara horizontal bisa pada tiang yang sudah tersedia, jika banner vertical yang dipasang pada rangka berbentuk X atau yang lebih dikenal dengan sebutan X-banner. 

5. Poster
Pastinya kita sering melihat poster-poster yang mengiklankan berbagai macam produk di tempat umum. Poster memang merupakan salah satu media yang umum digunakan untuk mempromosikan bisnis. Dengan pemasangannya yang berada di tempat strategis dan ukurannya yang cukup besar membuatnya berpotensi besar menarik perhatian orang-orang yang ada di sekitarnya. Untuk semakin minat pembaca, maka kita perlu mendesain poster dengan tampilan yang cukup mencolok dan menjelaskan tentang bisnis dengan baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bijak Bermedia Sosial

  Alasan Mengapa harus Bijak dalam menggunakan Media Sosial                   Perkembangan teknologi informasi membawa sebuah perubahan da...