Minggu, 23 Januari 2022

Mengenal Media Promosi

 Media Promosi

Apa itu media promosi?

Promosi merupakan bentuk komunikasi pemasaran, yang artinya aktivitas yang berusaha menyebarkan informasi. Yang bertujuan untuk mempengaruhi atau membujuk agar bersedia menerima, membeli dan loyal pada produk yang ditawarkan perusahaan yang bersangkutan. 
Media promosi dengan internet misalnya dengan menggunakan media sosial, market place, dll. Sedangkan untuk promosi secara offline kita sering melihatnya menggunakan media famplet, spanduk, brosur, siaran radio, siaran televisi, dll.

Tujuan adanya media promosi

Dari pengertian diatas dapat disimpulkan tujuan media promosi yaitu :
1. Untuk memberikan informasi yang tepat mengenai produk atau jasa yang dijual.
2. Meningkatkan penjualan maka keuntunganpun besar.
3. Mendapat konsumen baru.
4. Membangun citra yang baik mengenai produk dan nama perusahaan di mata konsumen lain.
5. Mengunggulkan produk sendiri sehingga bisa tetap bersaing di pasar dengan produk lain.

Fungsi media promosi

1. Pengenalan

Pertama tentunya untuk mengenalkan produk atau jasa yang akan di jual ke pasar mulai dari kegunaannya, keunggulan, harganya dll., sehingga calon pembeli mengatahui informasi produk atau jasa tersebut. Dengan pengenalan produk yang baik maka calon pembeli biasanya akan membandingkan dengan produk saingan lalu akan mengambil kesimpulan produk mana yang lebih baik menurutnya.

2. Penawaran

Selanjutnya yaitu untuk menawarkan dan membujuk calon konsumen sehingga dapat memutuskan untuk membeli produk tersebut. Lakuakan penawaran yang baik dengan memberikan informasi yang jelas mengenai harga hingga keunggulan produk yang ditawarkan. Oleh karena itu tawarkan kepada konsumen yang memang membutuhkan produk atau jasa tersebut sehingga banyak yang tertarik membelinya.

3. Penjagaan Konsumen

Untuk menjaga konsumen supaya tetap loyal terhadap produk yang di belinya sehingga melakukan pembelian secara berkelanjutan, tentunya hal ini harus dibarengi juga dengan pelayanan yang dilakukan perusahaan kepada konsumen tersebut. 

4. Perbaikan

Untuk memperbaiki kesalahan yang dilakukan oleh perusahaan, jika produk yang sebelumnya dikeluarkan memiliki kekurangan sehingga membuat konsumen kecewa, maka dipromosi selanjutnya dapat di informasikan bahwa produk tersebut telah di sempurnakan sehingga lebih baik dari produk sebelumnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bijak Bermedia Sosial

  Alasan Mengapa harus Bijak dalam menggunakan Media Sosial                   Perkembangan teknologi informasi membawa sebuah perubahan da...