Jumat, 21 Januari 2022

Manajemen Bisnis Ritel

 Manajemen Bisnis Ritel

          1. Pengertian Bisnis Ritel

Kata manejemen sendiri berasal dari Bahasa Perancis kuno, management memiliki arti seni melaksanakan dan mengatur. Kata manajemen juga berasal dari Bahasa Italia yaitu maneggiare yang berarti mengendalikan. Dari kedua kata itu dapat kita simpulkan bahwa manajemen merupakan bagian dari merencanakan, mengelola dan menjalankan bisnis.
Sementara itu, bisnis merupakan kegiatan dalam menjual produk atau jasa agar menberikan keuntungan. Namun bisnis juga merupakan kegiatan beresiko yang dapat memberikan kerugian. Agar terhindar dari kerugian, bisnis harus dijalankan dengan perencanaan yang tepat dan matang, dan pelaksanaan yang serius.
Secara umum dapat disimpulkan bahwa manajemen bisnis ritel adalah segala cara pengaturan menyeluruh untuk menjalankan usaha bisnis ritel secara profesional serta dapat menghasilkan tujuan yang diimpikan.

2. Fungsi Bisnis Ritel

            Fungsi manajemen adalah elemen-elemen dasar yang akan selalu ada dan melekat di                dalam proses manajemen yang akan dijadikan acuan oleh manajer dalam                                      melaksanakan kegiatan untuk mencapai tujuan.

  • Perencanaan. Dalam ilmu manajemen perencanaan diartikan sebagai kegiatan memikirkan apa yang akan dikerjakan dengan sumber yang dimiliki.

  • Pengorganisasian. Perorganisasian dilaksanakan dengan cara membagi suatu kegiatan besar menjadi kegiatan kegiatan yang lebih kecil. Sistem pengorganisasian dalam ilmu manajemen dilakukan dengan cara menentukan tugas apa yang harus dikerjakan.

  • Pengarahan. Pengarahan diartikan sebagai suatu tindakan untuk mengusahakan agar semua anggota kelompok berusaha untuk mencapai sasaran sesuai dengan perencanaan manajerial dan usaha.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bijak Bermedia Sosial

  Alasan Mengapa harus Bijak dalam menggunakan Media Sosial                   Perkembangan teknologi informasi membawa sebuah perubahan da...