Strategi Pemasaran bisnis kafe yang paling efektif untuk dilakukan
Meningkatnya pertumbuhan ekonomi juga berpengaruh terhadap perilaku atau gaya hidup masyarakat Indonesia. Salah satu yang sangat terlihat yakni terkait perilaku konsumsi masyarakat terutama masyarakat kelas menengah ke atas. Gaya hidup modern dengan menghabiskan sebagian waktunya di kafe merupakan contohnya.
Biasanya mereka hanya sekedar bersosialisasi, berkumpul bersama teman-teman dan makan minum. Bahkan ada yang hanya datang ke kafe untuk berfoto-foto kemudian di share melalui sosial media agar dibilang dan dilihat sebagai "anak kekinian" atau "anak hits".
Meningkatnya minat masyarakat pada kafe inilah yang membuat bisnis kafe juga semakin banyak di berbagai kota, baik kota besar maupun kota kecil. Dari yang ukuran kecil sampai yang besar, dari menu yang biasa sampai yang tidak biasa, dari tempat yang unik sampai yang aneh, kini mulai ditawarkan oleh para pelaku bisnis untuk mendapatkan pasar.
Karenanya promosi atau pemasaran menjadi salah satu faktor yang harus dipertimbangkan oleh pelaku bisnis kafe agar dapat menarik banyak pelanggan.
Tanpa adanya pemasaran, konsep kafe sebagus apapun tidak akan diketahui oleh calon pelanggan bukan?
Untuk itu, anda yang sedang menjalankan atau ingin menjalankan bisnis kafe, anda perlu mengetahui strategi pemasaran bisnis kafe.
Bagaimana strategi pemasaran coffee shop yang efektif?
1. Konsep cafe yang unik, menarik dan fotogenik
Seperti yang diketahui bahwa sebagian orang berkunjung ke kafe tidak hanya untuk menikmati makan dan minum tetapi juga memenuhi kebutuhan gaya hidup.
Oleh karena itu, kafe harus memiliki konsep yang unik berbeda dengan yang lainnya. Dimana pengunjung dapat menikmati eksterior dan interior kafe.
Jadi buatlah konsep yang unik untuk kafe anda, mulai dari nama, konsep interior dan eksterior cafe yang instagramable.
2. Menu dan cita rasa yang enak dan unik
Ketika makanan memiliki cita rasa yang enak maka dipastikan pengunjung tidak akan berpikir dua kali untuk datang ke kafe anda secara terus menerus.
Selain cita rasa, menu makanan yang disajikan sebaiknya juga unik.
Menu dan citarasa yang unik ini secara alami akan menjadi strategi marketing atau strategi pemasaran cafe coffee chop yang efektif dalam bentuk word of mouth.
Menu yang unik dengan cita rasa khas kafe anda akan membuat orang memudah mengingat kafe anda.
3. Manfaatkan sosial media
Target pasar atau calon pengunjung kafe sebagian besar adalah anak usia muda atau orang kelas menengah ke atas. Yang mana biasanya mereka sangat akrab dengan social media.
Sebagai pemilik bisnis kafe, Anda dapat memanfaatkan kesempatan tersebut untuk memasarkan bisnis dan menarik mereka datang ke kafe Anda dengan membuat akun social media kafe Anda seperti di Instagram, Twitter, Facebook, dan lain sebagainya. Dan cobalah posting menu makanan atau minuman yang Anda miliki dengan foto yang menarik dan membuat orang ingin mencobanya.
Karena sosial media ini adalah salah satu contoh penerapan strategi marketing atau strategi pemasaran cafe coffee chop yang efektif dan murah.
4. Memberikam tawaran yang menarik melalui fasilitas dan promo
Kafe merupakan tempat makan, tetapi ia berbeda dengan warung makan umum seperti warteg, sehingga diperlukan sebuah tawaran atau fasilitas yang menarik agar banyak pengunjung yang datang.
Tawaran atau fasilitas yang dapat Anda berikan seperti kartu member, promo diskon, atau mengadakan kegiatan atau kontes mengenai kafe Anda dengan memberikan reward, dan program-program lainnya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar