Selasa, 08 Februari 2022

Daur Hidup Produk

 Mengetahui Siklus Hidup Produk


Apa yang dimaksud dengan daur hidup produk? 

Daur hidup produk atau product life cycle adalah siklus yang pasti terjadi dalam suatu produk. Pengertian siklus hidup produk adalah konsep yang menggambarkan rangkaian tahapan dari suatu produk hingga layak dipasarkan dan dikonsumsi khalayak umum.

Mengapa suatu perusahaan harus mengetahui siklus produk?

Siklus hidup produk merupakan konsep yang penting dalam suatu kegiatan pemasaran karena dapat memberikan gambaran yang mendalam mengenai dinamika bersaing suatu produk. Selain itu, dengan adanya siklus hidup produk, suatu perusahaan bisa mengetahui kapan ia harus melakukan pengembangan produk.

Tahap siklus produk

1. Tahap perkenalan
Di tahap pengenalan, umumnya keuntungan perusahaan masih kecil, sebab biaya promosinya sangat besar. Sebab masyarakat belum terlalu mengenal brand produk yang Anda rilis.
misalnya Anda baru merilis aplikasi jual beli sayuran. Karena produk tersebut masih baru, maka belum banyak orang mengetahuinya.

2. Tahap pertumterima  
Siklus ini akan menunjukan apakah produk dapat di kembangkan atau justru tidak diterima oleh masyarakat. Jika produk belum berhasil diterima, maka kita harus mengevaluasi dan memperbaikinya sehingga produk dapat berkembang.

3. Tahap kedewasaan
Tahap kedewasaan merupakan tahap siklus hidup produk pasca pertumbuhan. Di tahap ini, biasanya produk sudah tidak lagi mengalami kenaikan penjualan drastis, sebab masyarakat sudah terbiasa menggunakan produk tersebut.

4. Tahap penurunan
Pada tahap ini produk mengalami penurunan dari segi penjualan karena minat konsumen menurun. Hal ini terjadi sebab target pasar mulai bosan atau terjadi perubahan dari segi produk.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bijak Bermedia Sosial

  Alasan Mengapa harus Bijak dalam menggunakan Media Sosial                   Perkembangan teknologi informasi membawa sebuah perubahan da...