Sabtu, 29 Januari 2022

Bauran Pemasaran

4 Bauran Pemasaran


Pengertian dari bauran pemasaran

    Bauran Pemasaran atau Marketing Mix adalah suatu strategi pemasaran yang menggabungkan beberapa elemen dengan rinci. Dengan tujuan mencapai kesuksesan dan target dalam berbisnis.


Komponen bauran pemasaran

    Komponen bauran pemasaran sering disebut dengan 4p, karena dalam bahasa inggiris semua komponen bauran pemasaran diawali dengan huruf p, yaitu : 

1. Product (produk)

    Produk yaitu suatu yang ditawarkan kepada masyarakat atau pembeli untuk dikonsumsi, mau itu yang sifatnya nyata ataupun yang bersifat tidak berwujud seperti layanan jasa, pengalaman atau ide. Produk yang ditawarkan harus dapat memenuhi kebutuhan pembeli dalam segmen target tertentu.

    Setiap produk pasti memiliki siklus hidup, maka dari itu, pihak yang bertanggung jawab terhadap pemasaran produk tersebut harus mampu memahami tentang siklus hidup yang dimiliki oleh produk yang akan dipasarkannya dan dapat menyusun perencanaan yang matang agar proses pemasaran dapat berjalan lancar dan hasilnya pun sesuai dengan ekspektasi penjual.

    Seseorang pemasar produk harus mampu memahami asal usul permasalahan dari sebuah produk yang akan dipasarkannya. Adanya cara tersebut maka akan bisa ditemukan solusi yang tepat untuk mengatasi permasalahan.

    Beberapa aktivitas pemasaran yang memiliki keterkaitan dengan produk, diantaranya : 

a. Produk Design (fitur dan kualitas).

b. Branding.

c. Packaging dan labeling.

d. Services (layanan pelengkap, layanan purna jual, service level).

e. Garansi.

f. Retur, dsb.

2. Price (harga)

    Harga adalah nilai yang harus dibayar oleh konsumen kepada penjual agar bisa mendapatkan produk yang mereka inginkan. Harga harus diukur dari nilai yang dirasakan oleh konsumen dari produk yang ditawarkan kepada konsumen.

    Jika kita tidak mempedulikan pentingnya harga pada sebuah produk, maka konsumen akan lebih memilih untuk membeli produk yang serupa dengan harga yang lebih terjangkau. Harga juga meliputi beberapa hal berikut yaitu: last price, discount, allowance, payment period, credit terms, and retail price.

    Perlu diketahui bahwa konsumen bebas memilih sebuah produk yang dibelinya dan tentunya produk tersebut sesuai dengan nilai yang dapat dirasakan oleh konsumen. Dari situ, konsumen umumnya tidak akan mau membeli sebuah produk dengan label harga yang lebih tinggi atau lebih rendah dari nilai yang dirasakannya atau yang juga dikenal dengan sebutan perceived value.

    Hal tersebut juga memungkinkan sebuah produk dapat diberi harga yang lebih tinggi daripada nilai moneter yang sebenarnya (actual price), jika produk tersebut masih dianggap bisa diterima oleh konsumen.

    Selain dari kualitas produk, penetapan harga juga bisa dipengaruhi oleh beberapa faktor lain, seperti value chain cost, mark-up, dan harga produk pesaing. Bukan itu saja, waktu yang dibutuhkan serta usaha yang dilakukan konsumen untuk mendapatkan produk tersebut juga perlu dijadikan bahan pertimbangan saat menetapkan harga.

    Ada beberapa kegiatan pemasaran yang memiliki keterkaitan dengan penetapan harga, seperti: Price tactic and strategy, Price structure atau price setting, Discount (customer), Allowance, rabates (dist. channel), Payment term (credit, cash) dan lain sebagainya.

3. Place (tempat)

    Tempat dapat diartikan sebagai kegiatan sebuah perusahaan membuat dan memasarkan produk kepada target pasarnya. Keberadaan tempat dalam konsep 4 bauran pemasaran terbilang sangat penting, sebab agar bisa membuat konsumen yang membutuhkan produk tersebut dapat melakukan transaksi jual beli, maka tempatnya harus jelas dan telah diketahui oleh banyak orang.

    Sebuah produk akan dapat sampai ke tangan konsumen, tentunya mengalami proses yang cukup panjang, salah satunya adalah proses menentukan tempat yang tepat untuk melakukan distribusi produk (distribution chanel). Selanjutnya membuat produk tersebut memiliki tempat yang mudah dijangkau oleh target pasarnya (availability and visibility).

    Proses penempatan produk yang termasuk ke dalam konsep 4 bauran pemasaran ini meliputi beberapa hal, yaitu: bagaimana produk dibawa ke area target pasar, lalu berlanjut dengan proses pemilihan saluran distribusi yang tentunya disesuaikan dengan segmen target pasar yang dikehendaki serta kemudian proses penempatan produk di tempat tersebut.

    Ada beberapa kegiatan pemasaran yang memiliki keterkaitan dengan komponen place/penempatan, yaitu:

a. Distribution strategy yang terbagi atas, intensive distribution, selective distribution dan exclusive distribution).

b. Market coverage / area coverage / territory management.

c. Inventory / stock management.

d. Transportation, logistic, warehousing.

e. Channel management (channel relationship), dan lain sebagainya.

4. Promotion (promosi)

    Promosi adalah cara yang dilakukan sebuah perusahaan untuk memperkenalkan produknya dengan cara mengkomunikasikannya dengan target pasar. Promosi adalah satu-satunya komponen dari 4 bauran pemasaran yang digunakan oleh perusahaan agar dapat mencapai sasaran sesuai dengan yang sudah ditetapkan.

Keputusan mengenai biaya promosi, tentunya perlu disesuaikan dengan rancangan produk yang kemudian nantinya akan didistribusikan ke area target pasar. Sementara itu, untuk variabelnya meliputi sales promotion, advertising, sales force, public relation, and direct marketing.

   a. Advertising, merupakan bentuk presentasi non personal serta promosi ide, barang atau layanan jasa yang dilakukan oleh sponsor yang ditunjuk dan juga telah mendapat bayaran

    b. Sales promotion, merupakan insentif jangka pendek yang dilakukan dengan tujuan mendorong keinginan calon konsumen agar tertarik untuk mencoba membeli produk dan layanan jasa.
    c. Public relations and publicity merupakan sebutan untuk berbagai program yang sebelumnya telah mengalami proses perancangan agar bisa mempromosikan ataupun melindungi citra perusahaan serta tentunya produk yang akan dipasarkan tersebut.
    d. Personal selling adalah interaksi langsung yang dilakukan antara satu atau lebih calon pembeli dengan tujuan melakukan penjualan.

    e. Direct Marketing bertugas untuk melakukan komunikasi pemasaran secara langsung dengan cara meminta tanggapan kepada pelanggan dan calon konsumen melalui surat, telepon dan berbagai alat penghubung non personal lainnya. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bijak Bermedia Sosial

  Alasan Mengapa harus Bijak dalam menggunakan Media Sosial                   Perkembangan teknologi informasi membawa sebuah perubahan da...