Senin, 13 Juni 2022

Contoh Target Marketing

 Contoh Target Marketing

1. Pada contoh kali ini, produk yang akan dipasarkan berupa pakaian bayi dari umur 0 tahun hingga lima tahun.

Produk akan ditawarkan secara online di beberapa kota besar seperti Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, Pekanbaru, Medan dan lain-lain.

Produk ini menyasar target dengan demografi sebagai berikut:

  • Pria atau Wanita yang sudah Menikah
  • Memiliki Anak berusia 0-5 Tahun
  • Latar Belakang Pendidikan Minimal SMA
  • Memiliki smartphone

Karakteristik psikologis pelanggan yaitu :

  • Aktif berselancar di dunia maya
  • Lebih sering berbelanja online
  • Aktif menggunakan media sosial
  • Mengikuti trend dan fashion balita atau bayi

Produk ini menyasar konsumen yang memiliki daya beli menengah ke atas yakni Rp80.000 hingga Rp150.000. Dengan kata lain, konsumen yang menjadi sasaran dari produk ini memiliki pendapatan setidaknya 3 juta rupiah per bulan.

2. Contoh target pasar selanjutnya bisa menggunakan smartphone merk X keluaran terbaru sebagai produk yang ditawarkan.

Produk ditawarkan di seluruh wilayah Indonesia mulai dari kabupaten hingga kecamatan. Konsumen bisa membeli produk baik secara online maupun offline.

Target Demografi calon konsumen dari produk smartphone merk X yakni:

  • Pria atau Wanita
  • Berusia 17 hingga 45 tahun
  • Latar Belakang Pendidikan Minimal SMA

Sedangkan untuk karakter psikologi dari target yang dituju adalah:

  • Rajin mengikuti perkembangan smartphone terbaru
  • Melek teknologi
  • Aktif menggunakan smartphone
  • Selalu berganti ponsel ketika ada model baru

Smartphone terbaru merk X ini menyasar konsumen yang memiliki daya beli tinggi dan mampu mengeluarkan biaya sekitar 2 juta hingga 5 juta rupiah.

Dengan kata lain, produk ini menyasar pada konsumen yang memiliki pendapatan tinggi atau konsumen yang memiliki orang tua dengan pendapatan tinggi di atas 7 juta rupiah per bulan.

Dalam proses pemasaran sebuah produk, memahami contoh target pasar dan kemudian menentukan target merupakan proses yang tidak bisa dihindari. Ada banyak keuntungan yang bisa pengusaha peroleh dengan menentukan target pasar.

Selain meningkatkan keuntungan, penentuan target pasar bisa membantu pengusaha menghasilkan produk yang sesuai dengan permintaan pasar. Dampaknya konsumen akan merasa puas dan setia pada produk pengusaha.

Sebelum membuat keputusan mengenai pasar yang akan menjadi sasaran, pengusaha harus melakukan segmentasi atau pengelompokan pasar berdasarkan karakteristiknya. Ini dilakukan untuk memperoleh data yang tepat, sehingga pengusaha bisa menentukan target dengan benar.

Bisa dikatakan bahwa keberhasilan sebuah usaha atau bisnis bergantung pada bagaimana pengusaha menentukan target pasar. Untuk itulah, pengusaha harus terus mempelajari bagaimana dinamika target pasar agar produk bisa menyasar target yang tepat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bijak Bermedia Sosial

  Alasan Mengapa harus Bijak dalam menggunakan Media Sosial                   Perkembangan teknologi informasi membawa sebuah perubahan da...