Mengapa content marketing penting?
Dalam menjalankan suatu bisnis, kita sangat membutuhkan strategi untuk memancing audiens atau sasaran supaya mereka mau membeli atau menggunakan produk yang kamu tawarkan. Ada 4 tahap dalam siklus pembelian, yaitu sebagai berikut :
1. Awareness
Audiens mungkin sadar akan adanya produk yang kita jual, tapi apakah mereka membutuhkan produk kita?
Nah salah satu tugas seorang content marketer di sini yaitu membangun kesadaran alias awareness bahwa produkmu kita akan dibutuhkan oleh mereka.
2. Riset
Setelah audiens aware dengan produkmu dan tertarik untuk membelinya, mereka biasanya akan mencari tahu atau riset terlebih dahulu.
Riset yang dilakukan bisa dari segi keunggulan produkmu, keunikannya, manfaat atau dari kebutuhan mereka sendiri.
Setelah mereka riset produk, mereka akan berpikir lagi sebelum memutuskan untuk membeli produkmu.
Biasanya mereka akan membanding-bandingkan dengan merek lain, misalnya dari segi harga atau kualitas.
Mereka juga akan menimbang-nimbang mana yang lebih untung untuk membeli produk A dan B.
4. Pembelian
Tahap terakhir ini audiens akhirnya memutuskan untuk membeli sebuah produk yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhannya.
Dalam content marketing, tujuan utamanya adalah menjadikan siklus pembelian menjadi dua saja, yaitu aware dan buy.
Marketer ingin mengharapkan para audiens langsung ke tahap pembelian tanpa rasa ragu terhadap produk tersebut.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar