Kamis, 17 Februari 2022

Display Produk

Penataan Produk (Display)


Saat masuk kedalam supermarket, sadar atau tidak kita pasti beneran tersihir sama apa yang ada disana. Misal, di bagian depan kita melihat tumpukan roti dan buah. Lalu lemari pendingin yang berisi banyak minuman, dan box freezer yang berisi berbagai macam ice cream. Dan lorong lorong yang penuh dengan produk food maupun non food.

Ternyata hal seperti ada bukan karena tidak sengaja. Ada ilmu yang bernama penataan produk. bayangkan saja bagaimana jika mie instant dan sabun ada di satu tempat yang sama? Pastinya kurang enak untuk dilihat dan takutnya produk food terkena wangi wangi an yang kurang sedap dari produk non food.

Mungkin orang orang lebih kenal dengan kata display dari pada penataan produk. Penataan produk (display) adalah cara mengelompokkan barang sesuai dengan jenis dan kegunaan dengan memperhatikan keindahan untuk menarik minat konsumen dan keinginan membeli produk tersebut.

Teknik-teknik Display Produk

1. Teknik Vertikal Display


Teknik ini merupakan teknik pemajangan barang yang disusun secara vertikal ke atas atau barang disusun tegak dalam rak. Display jenis ini dapat dilakukan dengan cara barang yang disusun merupakan produk yang sama dan memiliki ukuran yang berbeda. Produk dengan ukuran besar diletakkan pada bagian bawah sedangkan rak di atasnya diisi produk dengan ukuran yang lebih kecil.

2. Teknik Floor Display


Teknik ini merupakan teknik pemajangan barang yang disusun langsung di lantai tanpa menggunakan rak. Biasanya jenis teknik ini digunakan pada toko-toko atau minimarket yang memiliki area cukup luas.

3. Teknik Jumble Display


Teknik jenis ini juga dikenal dengan sebutan display promo. Teknik ini biasanya digunakan pada minimarket atau supermarket yang menawarkan barang-barang promo sehingga produk ditempatkan pada rak promo. Tak hanya itu, teknik jumble display juga perlu diperhatikan letak penempatannya yaitu pada area terbuka dan luas sehingga para konsumen dapat melihat dengan mudah.

4. Teknik Impulse Buying Display


Display jenis ini dapat pula dinamakan dengan pameran. Produk yang dijual akan ditempatkan di tempat strategis yang sering dilalui konsumen agar mudah terlihat. Hal ini bertujuan agar konsumen tertarik untuk membeli produk tersebut. Display jenis ini biasanya menggunakan rak gondola atau rak display yang berada di dekat kasir.

5. Teknik Cut Cases Display


Teknik jenis ini merupakan teknik pemajangan barang dengan menumpuk tanpa mengeluarkan produk dari kemasan karton. Akan tetapi, kemasan karton dipotong setengah sehingga produk dapat terlihat walaupun disusun menumpuk. Display jenis ini biasanya digunakan untuk produk makanan atau minuman dalam botol dan kaleng.

6. Teknik Merchandise Mix Display


Teknik jenis ini merupakan teknik pemajangan yang bertujuan untuk menawarkan produk lain yang berhubungan dengan produk yang dibeli konsumen. Pemajangan produk memanfaatkan pemajangan komplementer dengan menggunakan dua produk yang saling berkaitan.

7. Teknik Wall Display


Teknik penataan barang yang satu ini menggunakan rak yang menempel di dinding. Biasanya jenis wall display akan digunakan pada toko yang menjual aksesoris seperti tas, sepatu, pakaian, dan sebagainya. Rak yang digunakan pada teknik jenis ini merupakan slat wall rack.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bijak Bermedia Sosial

  Alasan Mengapa harus Bijak dalam menggunakan Media Sosial                   Perkembangan teknologi informasi membawa sebuah perubahan da...